Sabtu, 17 April 2010

SERVIS TENIS MEJA YANG BENAR


1. Servis dimulai dengan bola diam secara bebas di atas permukaan telapak tangan bebas pelaku servis (siap untuk dilambungkan).
2. Pelaku servis harus melambungkan bola secara vertikal tanpa putaran, sehingga bola naik minimal 16 cm dari permukaan telapak tangan bebas, kemudian turun tanpa menyentuh apapun sebelum dipukul.
3. Pada saat bola turun, pelaku servis harus memukulnya sehingga menyentuh mejanya terlebih dahulu dan setelah melewati net atau mengelilingi net kemudian menyentuh meja dari penerima. Pada permainan ganda bola harus menyentuh bagian kanan dari masing-masing meja pelaku servis dan penerima secara berurutan.
4. Dari mulai servis hingga bola dipukul, bola harus berada diperpanjangan permukaan meja permainan (dibelakang batas akhir meja) pelaku servis, dan bola tidak boleh ditutupi oleh bagian badan atau pakaian pelaku servis atau pasangannya.
5. Menjadi tanggungjawab pemain untuk melakukan servis agar terlihat oleh wasit atau pembantu wasit sesuai dengan persyaratan servis.
6. Jika tidak ada pembantu wasit, dan wasit ragu atas keabsahan suatu servis, maka pada kesempatan pertama pada pertandingan tersebut maka pelaku servis diperingatkan tanpa menambah poin tersebut.
7. Jika selanjutnya pada pertandingan yang sama, pelaku servis yang sama atau pasangannya yang sama, masih meragukan keabsahan servis, maka tanpa pengecualian, lawannya mendapatkan satu poin.
8. Bila terjadi servis gagal dan secara nyata tidak sesuai dengan persyaratan pada servis yang baik, pada saat pertama kali atau pada kesempatan yang lainnya maka tidak ada peringatan dan penerima servis harus diberikan satu poin.
9. Pengecualian wasit dapat melonggarkan persyaratan servis yang baik jika diyakini bahwa rintangan tersebut disebabkan kemampuan fisik yang tidak normal (cacat).
10. Bola setelah diservis atau dikembalikan, harus dipukul sehingga melewati net dan menyentuh meja lawan, baik secara langsung maupunsetelah menyentuh net.

0 komentar:

Posting Komentar